Rabu, 07 April 2010

[Translated] Audi Magazine article

Artikel dalam bahasa Inggris, klik di sini..


Dilarang Memuat Artikel ini Tanpa Kredit!!!


Q: Hujan musim semi sudah mulai turun apakah anda punya kenangan tertentu disaat seperti ini yang ga bakal pernah anda lupakan?

A: Ada. Pernah satu waktu aku sedang melaju pas ditengah hujan dan kemudian aku kecelakaan, dan juga terluka karena itu. Setelah kejadian itu, setiap hujan turun, ingatan ku selalu kembali ke peristiwa kecelakaan itu.

Andai saja waktu itu aku mengendarai Audi Quatrro (jenis kendaaan four wheel drive)….temenku banyak yang pake Audi Quattro juga, dan pas aku liat mereka lagi naik itu, aku selalu bilang betapa beruntungnya mereka bisa punya sebuah mobil four wheel drive.


Q: Anda sekarang kan sedang diinterview oleh majalah Audi…

A: Iya sih tapi sekarang aku kan belon punya mobil Audi hahaha…

Q: Sekarang anda sedang tertarik dengan genre film apa, baik di TV ataupun di bioskop?

A: Hmm…kemaren aku nonton Swept Away, dan aku liat ada Madonna maen disitu. Terus, baru-baru ini aku ke bioskop untuk nonton Secret Reunion.

Q: Sudah nonton Avatar?

A: Belum sih, kata orang Avatar lebih ok nonton yang versi 3D nya. Walaupun di Seoul belum ada bioskop 3D, tapi aku udah ada janji bakal nonton tuh film, ga tau juga masih bisa nonton ato kagak.

*Karena ga penting, Tofu ga terjemahin lebih banyak tentang Avatar


Q: Anda adalah salah satu aktor cilik yang ibarat kuncup bunga sudah lama ditunggu-tunggu untuk mekar.

A: Ketika aku masih kecil, banyak yang bilang aku adalah bintang berbakat yang dinantikan oleh banyak orang (dalam bahasa korea artinya seseorang yang masa depannya dinanti-nantikan oleh banyak orang) tapi menurutku itu hanya karena aku lah satu-satunya artis cilik yang lagi naik daun pada waktu itu. “Ya benar, aku rasa aku memang artis yang paling dinanti-nantikan” Hal ini lah yang selalu membayangiku setiap hari. Pada akhirnya aku terbangun di suatu pagi dan menyadari, akan ada banyak kompetisi, yang bakal muncul seperti komet, banyak dan cepat.


Bukannya aku takut kehilangan posisiku, tapi sekarang aku baru sadar, ketika aku kecil, aku sangat arogan. Hal ini membuatku panic. Aktor-aktor laen yang seumuran denganku sudah memulai karir mereka jauh sebelum aku, dan bahkan diterima dengan sangat baik oleh para fans. Namun sekarang aku merasa hal ini sangat menarik karena aku bisa bersaing secara positif. Disaat aku mendapat kesulitan, aku sekarang jadi punya teman sharing.


Q: Anda sekarang dianggap ikon fesyen, bagaimana perasaan anda tentang itu? Itu sebuah pujian...sebuah gelar yang ga semua orang punya

A: Dari dulu aku emang sangat peduli dengan penampilanku. Aku akan pakai beberapa jenis pakaian, kemudian mendokumentasikannya, dan kemudian memposting hasil foto-foto tersebut di cyworld-ku. Biasanya setelah kuposting, aku akan segera dapat banyak masukan. Kegiatan seperti ini ternyata sangat menyenangkan. Aku sendiri sampai sekarang masih bertanya-tanya, sejak kapan aku mulai melakukan hal ini.


Semua pesan-pesan dan foto-foto dari pakaian yang pernah kukenakan, membuatku berpikir apakah hanya ini yang bisa diberikan oleh Jang Keun Suk?

Namun tentu saja mendapatkan gelar sebagai ikon fesyen membuatku senang. Hanya saja akhir-akhir ini, aku lebih memusatkan perhatian kepada apa yang ada di dalam “kotak” ini. Kata-kata seperti, “Seorang aktor seharusnya mampu menyampaikan buah pikirannya melalui karya-karyanya”, akan selalu kusimpan di relung hatiku.


Q: Sejauh ini kami melihat anda memiliki potensi untuk menjadi seorang aktor, penyanyi, DJ, seorang model, MC dan banyak lagi profesi lainnya. Tapi sebaliknya apakah anda pernah merasa kalau semua kemampuan yang ada miliki ini akan menjadi penghalang bagi anda?

A: Ada masa-masa dimana hal ini membuatku pusing. Orang-orang terdekatku sering sekali mengatakan “Kamu emang bagus dalam banyak hal, dan kamu memiliki karakter yang kuat, tapi ada saat nya dimana semua itu akan membahayakanmu”. Hal ini sering mengganggu ku dimasa lampau. Apakah benar hal buruk itu akan terjadi, siapa yang bisa meramal nasib, kita semua gak tau apa yang bakal terjadi di kemudian hari. Aku masih muda. Aku harus mencoba banyak hal. Aku ga bisa bilang kalo sebuah baju terlihat bagus atau jelek di badanku apabila aku tidak pernah mencobanya. Dengan cara itulah aku bisa tau apa yang cocok untuk aku, ya ga? Kalau aku memutuskan untuk hanya fokus di satu bidang saja mungkin kedepannya aku akan dengan gampang menyerah ketika menemukan hal-hal baru lainnya. Kalau itu adalah masalah berakting, maka akan jadi seperti apa yang sering sekalia ku ucapkan, “Seorang aktor seharusnya mampu menyampaikan buah pikirannya melalui karya-karyanya”.


Q: Apakah anda benar-benar harus mencoba segalanya? Anda baru berumur 20 sekian kan?

A: Pada saat aku masuk usia 20an, Aku mengendarai mobilku ke tempat yang sangat indah, lalu makan makanan yang enak disana. Aku pikir hanya dengan melakukan hal itu aku sudah merasa menjadi seorang yang dewasa. Dan ternyata aku salah besar. Pekerjaanku mengharuskan aku berjumpa dengan banyak orang, sebuah pekerjaan dimana aku harus bisa memahami kehidupan manusia lain. Akhir-akhir ini aku suka berjalan kaki. Aku suka mengamati para pejalan kaki ketika aku berpapasan dengan mereka.

Kalau aku melihat seseorang yang aku anggap menarik, aku akan berjalan mengikutinya. Aku suka pergi ke pasar Namdaemun sendirian, makan mie yang teksturnya halus dan ngobrol tanpa henti dengan bibi penjual mie. Dimana pun aku berada, pekerjaanku mengharuskan aku berjumpa dengan berbagai tipe manusia, hal ini juga merupakan salah satu sumber inspirasiku. Waktu aku mendapatkan SIMku, aku lalu membeli sebuah mobil. Salah seorang guruku di sekolah mengatakan, “Kenapa kamu bawa mobilmu ke sekolah?”, aku bilang ke dia karena aku suka mengemudi makanya aku membeli sebuah mobil. Kemudian dia berkata, “Ga usah naik mobil, jalan kaki saja. Pakailah sepatumu untuk berjalan kaki ke sekolah”. “Kalau kamu memakai sepatu mu ke sekolah tapi kamu mengendarai mobilmu, ada banyak hal yang akan kamu lewatkan. Naiklah sepedamu dan cobalah mencium bebauan yang sebelumnya tidak pernah kamu cium selama ini. Semuanya akan diserap dan disimpan oleh tubuhmu”. Pada saat itu aku seperti mendapatkan sebuah tamparan di muka.


Q: Jang Keun Suk digambarkan banyak orang bagaikan pemberi kesejukan/kesegaran, seperti ketika kita minum Sprite atau Coca-Cola (memberikan perasaaan menyegarkan atau memberikan kesan segar). Apakah boleh kami gunakan Audi S4 sebagai perumpamaannya ?

A: Sangat menyegarkan haha…

*Tofu: Sukie bercerita soal S4, jadi terpaksa ku lewatin aja ya…sorry


Q: S4 akan segera dipublikasikan, kira-kira musik apa yang cocok untuk itu?

A: Lagu dari Queen!! I was born to love you. Peluncuran iklan ini perlu musik yang bisa menggugah semangat orang sesaat dimana mereka mendengarkannya.

Q: Wah cocok sekali tuh dengan Audi. Kok bisa tiba-tiba mendapatkan ide lagu itu?

A: Aku sempat memikirkannya pas aku lagi dalam perjalanan kesini, apa kira-kira benang merah yang menghubungkan Audi dan Jang Keun Suk. Aku berpikir Audi itu ekstrim, muda dan penuh semangat. Dan berwibawa. Seperti itulah aku membayangkan diriku di usia senja. Bilamana aku membayangkan diriku mengendarai mobil berwarna hitam, diriku yang mulai memasuki masa tua dengan perut yang mulai membuncit, aku selalu merasa takut. Aku selalu berpikir, kalau aku tua nanti, aku masih pengen bisa mengendarai mobil sport, pakai pakaian yang ok, tak lupa membawa bunga untuk istriku yang tentunya juga sudah ikut menjadi tua sama seperti ku, memberikan bunga itu kepadanya seraya berkata Aku Cinta Padamu, bayangan kakek-kakek seperti itulah yang ada dalam pikiranku.

Q: Akhir-akhir ini anda sering sekali mendapatkan banyak pujian dari banyak kalangan, bagian manakah yang paling anda suka?

A: Oh yang ini nih, “ Waa….anda bener-bener keukeuh ya sejak awal masuk ke dunia hiburan sampe sekarang ini?” Maksudnya adalah anda sangat konsisten atau anda sama sekali tidak berubah.

Sebenarnya ada sebuah cerita menarik dibalik kata konsisten tersebut. Aku tuh ga punya banyak teman di sekolah. Aku ga ingat persis waktunya kapan, tapi pernah suatu ketika aku berjumpa kembali dengan seorang teman SMP ku yang sudah lama sekali tidak berjumpa denganku. Dia bilang, “ Waa….kamu tidak berubah ya”. Orang lain yang mungkin ketika mendengarkan hal itu akan berpikir bahwa “Ga peduli ketika kamu masih anak-anak ataupun sudah di usia sekarang ini, kamu masih seperti yang dulu, tidak berubah sedikit pun. Baguslah”. Tetapi sebenarnya, ketika aku masih kecil, aku bukanlah anak yang manis dan penurut. Aku termasuk pembuat masalah dan sekalinya aku ngomong, bisa-bisa setajam silet. Selanjutnya aku bertanya kepada temanku ini, “Apa maksudmu aku ga berubah sedikitpun?” Diluar dugaanku dia menjawab, “Ya kamu masih seperti dulu, ga punya tata krama, kurang didikan orang tua.” hahaha…….Semua orang bisa berubah. Dibandingkan dengan perasaan menjadi seorang aktor terkenal atau perasaan sebagai seorang aktor pada umumnya, disaat ada orang mengatakan aku konsisten dalam karir, susana hati ku pasti akan langsung berubah menjadi lebih baik.


Credit goes to dailytofu @ soompi

Diterjemahkan dari Inggris ke Indonesia oleh sukageunsuk @ jangkeunsuk4ever.blogspot.com

1 komentar:

  1. Masa oppa nggak punya tata krama n kurang didikan ortu?? o.O
    Tapi yang penting, oppa romantis!! Pengen jadi kakek2 romantis.. keke

    BalasHapus